Tips & Trik: Petualangan Hemat dan Seru, Backpackingan Aja!

two person walking towards mountain covered with snow
Tips Liburan untuk kamu yang suka Backpackeran. Photo by Unsplash (Toomas Tartes)

Backpacker sendiri adalah seseorang yang melakukan sebuah perjalanan dengan membawa tas di punggungnya (backpack) yang cenderung mencari pengalaman petualangan yang lebih independen dan menghemat biaya. Buat kalian Trippers yang ingin Backpackingan  Hemat tapi Seru berikut ini ada beberapa Tips & Trick buat kalian Trippers :

1.Rencanakan Perjalanan

Buat kalian Trippers bisa rencanakan perjalanan dengan rinci, tetapi tetap masih fleksibel. Tentukan mulai dari tujuan, durasi, dan aktivitas apa yang ingin Trippers lakukan ketika sudah berada di tempat yang akan Trippers kunjungi. Hal ini cukup untuk membantu menghindari kebingungan dan dapat memaksimalkan waktu ketika disana.

2.Cari Promo Tiket dan Akomodasi

Trippers bisa Memanfaatkan dari situs web atau aplikasi yang terkait dengan pembelian tiket pesawat, kereta, atau bus serta akomodasi. Lalu booking dari jauh-jauh hari dan mencari promo dapat menghemat banyak uang.

3.Bawa Perlengkapan yang Ringan

Memilih dan Membawa perlengkapan yang ringan dan multifungsi. Bawalah pakaian yang mudah dicuci dan keringnya cepat. Dan bisa juga Trippers untuk membawa sleeping bag untuk berjaga – jaga.   

4.Membawa Bekal Makanan

Membawa cemilan atau makanan ringan selama dalam perjalanan. Ini dapat menghemat waktu dan uang ketika Trippers sedang lapar di perjalanan jadi tidak perlu repot untuk mencari tempat makan tapi kalau Trippers bawa lebih banyak uang mungkin bisa sesekali untuk makan di rumah makan.

5.Gunakan Transportasi Umum

Memanfaatkan transportasi umum ketika ingin berpergian. Ini akan lebih murah daripada taksi atau sewa mobil pribadi. Selain itu, Trippers juga bisa merasakan pengalaman tersendiri  ketika berpergian ke tempat wisata menggunakan Transportasi Umum.

6.Jelajahi Tempat Wisata yang Gratis atau Murah

Yang pertama kali Trippers harus lakukan adalah mencari tahu objek wisata yang gratis atau murah untuk dikunjungi nantinya. Mungkin bisa seperti Taman, pasar tradisional, atau acara budaya seringkali merupakan pilihan yang cukup menarik dan tidak terlalu  mahal.

7.Berkunjung ketika Low Season

Jika memungkinkan Trippers, hindarilah musim liburan atau puncak kunjungan seperti libur akhir taun, libur sekolah, ataupun, libur hari raya lebaran. Harga dari akomodasi dan tiket biasanya bisa lebih rendah pada saat Low Season.

8.Hindari Tempat yang Sudah Populer

Trippers bisa mencoba untuk menjelajahi tempat-tempat yang belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Hal Ini bisa memberikan pengalaman yang lebih autentik dan juga lebih murah pastinya.

9.Gunakan Aplikasi Perjalanan

Unduh aplikasi terkait dengan perjalanan seperti peta, pemandu wisata, dan translator. Ini bisa membantu Trippers untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dan menavigasi tempat baru.

10.Pertimbangkan Menggunakan Penginapan Murah

Menginap di tempat seperti hostel atau penginapan murah merupakan salah satu cara yang baik untuk menghemat biaya dari akomodasi. Dan tidak menutup kemungkinan juga Trippers bisa bertemu dengan para backpacker lain dan berbagi pengalaman.

11.Bawa Botol Minum Sendiri

Membawa botol minum sendiri yang dapat diisi ulang. Membantu menghindari pembelian botol air minum plastik yang mahal dan juga agar ramah lingkungan.

12.Berpergian Bersama

Trippers jika kamu berpergiannya bersama dengan teman atau kenalan lain, pertimbangkan untuk berbagi biaya mulai dari transportasi maupun akomodasi yang akan digunakan nantinya.

13.Jaga Keamanan dan Kesehatan

Selalu prioritaskan keamanan dan kesehatan kalian ya Trippers. Bawalah obat-obatan yang penting, terus jaga barang berharga dengan baik, dan pastikan Trippers memiliki asuransi perjalanan.

Tapi Trippers Ingatlah bahwa tujuan utama dari petualangan backpacking adalah untuk menikmati perjalanan, menambah pengalaman dan menjalani petualangan yang berkesan. Semoga tips ini bisa membantu Trippers untuk merencanakan dan menjalani perjalanan yang hemat dan seru pastinya.

You May Also Like

About the Author: Tripvista.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *