Oktoberfest: Perayaan Tradisi Bavaria dan Bir Terbesar

Oktoberfest Trip | Contiki

Setiap tahun, jutaan orang dari seluruh dunia berkumpul di Munich, Bayern, dan Jerman untuk mengikuti perayaan festival bir terbesar di dunia – Oktoberfest. Awal mula festival ini berawal ketika Pangeran Mahkota Ludwing dari Batavia menikahi Putri Therese dari Saxony-Hildburghausen. Untuk memperingati pernikahan kerajaan, pasangan tersebut mengundang seluruh warga Munich untuk ikut berpartisipasi dalam pesta yang diadakan di depan gerbang kota. Acara ini sukses besar hingga selalu dilaksanakan setiap tahun. Festival dilakukan selama enam belas hari pada akhir September dan awal Oktober.

Selama bertahun-tahun, Oktoberfest telah berkemang menjadi karnaval besar dan extravaganza budaya. Meskipun inti dari festival ini tetap berpusat pada bir dan tradisi Bavaria, kini Oktoberfest menampilkan berbagai aktivitas dan atraksi yang menarik bagi orang-orang dari segala usia dan minat. Di festival ini terdapat Bir khs Batavia yang terkenal di dunia, masing-masing menyajikan berbagai jenis bir tradisional. Tidak sembarang bir bisa masuk ke festival ini, semua harus mematuhi “Reinheitsgebiot” (Hukum Kemurnian Bir Jerman). Biasanya, bir Oktoberfest merupakan bir lager kaya dengan warna amber dan kandungan alkohol yang lebih tinggi dari bir biasa, disajikan dengan gelas bir yang dihiasi, biasa disebut sebagai “Mass” yang berisi satu liter bir.

Festival dimulai dengan parade berwarna-warni berisi kereta kuda yang membawa tong bir, penari tradisional, dan musisi. Proses ini mengarah ke Theresienwiese. Acara ini dibuka oleh Walikota Munich yang mengetuk tong bir pertama dan berseru “O’zapft is!”. Saat mengunjungi festival ini kalian pasti akan melihat bebagai pakaian tradisional Bavaria dimana pria mengenakan Lederhosen (celana kulit dengan tali pengikat) dan wanita mengenakan Dirndl, pakaian tradisional dengan apron. Tidak hanya berisikan bir, kamu juga bi menemukan wahana pesta yang menegangkan, roda pesta, hingga roller coaster di festival ini. Pengunjung dapat menikmati hidangan tradisional di festival ini seperti Bratwurst, Pretzel, Schweinshaxe, Sauerkraut, hingga Apfestrudel.

Popularitas Oktoberfest telah mendunia. Banyak kota di seluruh dunia mengadakan Oktoberfest versi mereka. Festival ini telah menjadi perayaan global dengan euphoria merayakan kesenangan hidup dan persahabatan dalam suasana yang menyenangkan dan meriah. Tahun ini festival Oktoberfest akan kembali dilaksanakan pada 16 September sampai 3 Oktober.

You May Also Like

About the Author: Tripvista.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *